anaZone

Pages

  • Beranda

Total Tayangan Halaman

Blog Archive

  • ▼  2013 (30)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (1)
    • ►  April (1)
    • ▼  Februari (19)
      • AKUNTANSI PEMERINTAH
      • Aplikasi-Aplikasi siklus produksi dan keuangan
      • APLIKASI-APLIKASI SIKLUS PENDAPATAN DAN PENGELUARAN
      • KOMPUTER DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI
      • PEMROSESAN TRANSAKSI DAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN
      • PENGENALAN PEMROSESAN TRANSAKSI
      • TEKNOLOGI KOMPUTER
      • TEKNIK DAN DOKUMENTASI SISTEM
      • SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
      • SISTEM STANDAR BIAYA
      • SISTEM BIAYA TAKSIRAN
      • HARGA POKOK PRODUK BERSAMA DAN PRODUK SAMPINGAN
      • BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
      • DEPARTEMENTASASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
      • BIAYA OVERHEAD PABRIK
      • PENENTUAN KOS VARIABEL
      • Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Proses
      • Pengertian dan Konsep Metode Harga Pokok Pesanan
      • Akuntansi Biaya dan Pengertian Biaya
    • ►  Januari (8)
  • ►  2012 (8)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (3)
  • ►  2011 (30)
    • ►  November (30)

About Me

Foto Saya
style fresh fun
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Ads 468x60px

Popular Posts

  • SISTEM STANDAR BIAYA
     A. Definisi Sistem Standar Biaya Sistem standar biaya merupakan suatu sistem akuntansi biaya yang mengolah informasi biaya sedemikian rup...
  • KOMPUTER DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI
    Komputer dan Keamanan Sistem Informasi  Istilah Dalam Sistem Keamanan Komputer Hacker Adalah Ora...
  • APLIKASI-APLIKASI SIKLUS PENDAPATAN DAN PENGELUARAN
    Pemrosesan Order Penjualan KET. PD = Piutang Dagang BB = Buku Besar PNGHN = Penagihan OP = Order Penjualan ...
  • PENENTUAN KOS VARIABEL
    Manajemen puncak terdiri dan orang-orang yang bertugas mengambil keputusan, memberikan perintah, membentuk kebijaksanaan, dan mengarahkan ...
  • SISTEM BIAYA TAKSIRAN
    2.1 Pengertian Sistem Biaya Taksiran Sistem biaya taksiran adalah salah satu sistem biaya yang ditentukan di muka untuk mengolah produk ata...

Follow Now.......!

my writter

  • ▼  2013 (30)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (1)
    • ►  April (1)
    • ▼  Februari (19)
      • AKUNTANSI PEMERINTAH
      • Aplikasi-Aplikasi siklus produksi dan keuangan
      • APLIKASI-APLIKASI SIKLUS PENDAPATAN DAN PENGELUARAN
      • KOMPUTER DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI
      • PEMROSESAN TRANSAKSI DAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN
      • PENGENALAN PEMROSESAN TRANSAKSI
      • TEKNOLOGI KOMPUTER
      • TEKNIK DAN DOKUMENTASI SISTEM
      • SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
      • SISTEM STANDAR BIAYA
      • SISTEM BIAYA TAKSIRAN
      • HARGA POKOK PRODUK BERSAMA DAN PRODUK SAMPINGAN
      • BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA
      • DEPARTEMENTASASI BIAYA OVERHEAD PABRIK
      • BIAYA OVERHEAD PABRIK
      • PENENTUAN KOS VARIABEL
      • Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Proses
      • Pengertian dan Konsep Metode Harga Pokok Pesanan
      • Akuntansi Biaya dan Pengertian Biaya
    • ►  Januari (8)
  • ►  2012 (8)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (3)
  • ►  2011 (30)
    • ►  November (30)

Featured Posts Coolbthemes

Followers

Sabtu, 16 Februari 2013

TEKNOLOGI KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Purba : 2000 ).
Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.

Sistem komputer modern sudah mendukung multiguna terdiri dari CPU (Central Processing Unit) serta sejumlah device controller yang dhubungkan melalui bus yang menyediakan akses ke memori. Setiap device controller bertugas mengatur perangkat keras yang ada didalam sistem komputer (seperti disk drive, audio device, dan video display). CPU da device controller dapat dijalankan secara bersamaan, namun tetap memerlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori.
Pada saat sistem komputer dijalankan pertama kali, terdapat sebuah program awal yang mesti dijalankan yang disebut program bootstrap. Program ini berisi semua aspek dari sistem komputer, mulai dari register CPU, device controller, sampai isi memori.Interupsi merupakan bagian penting dari sistem arsitektur komputer. Setiap komputer memiliki mekanisme yang berbeda. Interupsi dapat terjadi apabila hardware atau software minta ”dilayani” oleh prosesor. Apabila terjadi interupsi maka prosesor akan menghentikan proses yang sedang dikerjakannya dan kemudian beralih mengerjakan service routine untuk melayani interupsi tersebut. Setelah selesai mengerjakan service routine maka prosesor akan kembali melanjutkan proses yang tertunda.


Gambar 1 Struktur Sistem Komputer Modern

Bahasa Mesin Komputer

Kode mesin atau bahasa mesin adalah sistem instruksi dan data yang dijalankan langsung oleh komputer central processing unit. Kode mesin dapat dianggap sebagai primitif (dan rumit) atau sebagai bahasa pemrograman tingkat terendah representasi dari disusun dan / atau program komputer rakitan. Program dalam menafsirkan bahasa  tidak diwakili oleh kode mesin tetapi, walaupun penerjemah mereka (yang dapat dilihat sebagai sebuah prosesor melaksanakan program tingkat yang lebih tinggi) sering terjadi. Kode mesin kadang-kadang disebut kode asli ketika mengacu pada platform-bagian dari bahasa tergantung fitur atau perpustakaan. kode Mesin tidak boleh disamakan dengan apa yang disebut “bytecode”, yang dilaksanakan oleh seorang juru bahasa.

Kode Mesin Instruksi

Setiap prosesor atau keluarga prosesor memiliki set instruksi kode mesin. Instruksi pola bit yang oleh desain fisik sesuai dengan perintah yang berbeda ke mesin. Set instruksi demikian khusus untuk kelas prosesor menggunakan (banyak) arsitektur yang sama. Penerus atau derivatif desain prosesor sering mencakup semua instruksi dari pendahulunya dan dapat menambah petunjuk tambahan. Kadang-kadang desain pengganti akan menghentikan atau mengubah arti dari beberapa kode instruksi (biasanya karena dibutuhkan untuk keperluan baru), kode yang mempengaruhi kompatibilitas sampai batas tertentu, bahkan hampir sepenuhnya kompatibel dengan prosesor mungkin akan menampilkan perilaku yang sedikit berbeda untuk beberapa instruksi tetapi ini jarang yang masalah. Sistem mungkin juga berbeda dalam rincian lainnya, seperti pengaturan memori, sistem operasi, atau perangkat periferal; karena biasanya program bergantung pada faktor-faktor seperti, sistem yang berbeda akan biasanya tidak menjalankan kode mesin yang sama, bahkan ketika jenis prosesor yang sama digunakan.

Sebuah set instruksi kode mesin mungkin memiliki semua instruksi yang sama panjang, atau hal itu mungkin karena panjang variabel-instruksi. Bagaimana pola diorganisir sangat bervariasi dengan arsitektur tertentu dan sering juga dengan jenis instruksi. Sebagian besar instruksi memiliki satu atau lebih opcode bidang yang menentukan jenis instruksi dasar (seperti aritmatika, logis, melompat, dll) dan operasi sebenarnya (seperti menambah atau membandingkan) dan bidang lain yang mungkin memberikan jenis operand (s) , mode pengalamatan (s), pengalamatan offset (s) atau indeks, atau nilai aktual itu sendiri (Operand konstan seperti yang terdapat dalam sebuah instruksi disebut immediates).

Program
Sebuah program komputer adalah suatu urutan instruksi yang dijalankan oleh CPU. Sementara prosesor mengeksekusi instruksi sederhana satu demi satu, prosesor superscalar mampu menjalankan beberapa instruksi sekaligus. Program aliran mungkin dipengaruhi oleh khusus ‘melompat’ instruksi yang mentransfer eksekusi ke instruksi lain dari yang di bawah satu. Lompatan bersyarat diambil (eksekusi berlanjut pada alamat lain) atau tidak (eksekusi berlanjut pada instruksi berikutnya) tergantung pada beberapa kondisi.

Bahasa Assembly
Yang jauh lebih mudah dibaca rendition of bahasa mesin, disebut bahasa assembly, menggunakan kode mnemonic untuk merujuk pada instruksi kode mesin, bukan hanya menggunakan instruksi “nilai numerik. Sebagai contoh, pada prosesor Zilog Z80, kode mesin 00.000.101, yang menyebabkan CPU untuk pengurangan prosesor B mendaftar, akan diwakili dalam bahasa assembly sebagai Desember B.

Contoh
Arsitektur MIPS memberikan contoh khusus untuk instruksi kode mesin yang selalu 32 bit panjang. Jenis umum instruksi yang diberikan oleh op (operasi) bidang, 6 bit tertinggi. J-jenis (melompat) dan I-jenis (langsung) instruksi sepenuhnya ditentukan oleh op. R-type (pendaftaran) instruksi meliputi bidang tambahan Fungsi untuk menentukan operasi yang tepat. Kolom yang digunakan dalam tipe ini adalah:

rs, rt, dan rd menunjukkan daftar Operand; shamt memberikan jumlah pergeseran dan alamat atau lapangan langsung berisi operand langsung.
Misalnya menambahkan register 1 dan 2 dan menempatkan hasilnya dalam register 6 dikodekan:
Memanggil sebuah nilai ke dalam register 8, diambil dari memori sel sel setelah lokasi 68 yang tercantum dalam register 3:

Melompat ke alamat 1024

 
Hubungan terfokus 
Dalam beberapa arsitektur komputer, kode mesin ini diterapkan oleh lapisan yang lebih mendasar dari program yang disebut microprograms, menyediakan antarmuka bahasa mesin Common melintasi sebuah garis atau keluarga model yang berbeda dengan komputer yang mendasari dataflows sangat berbeda. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi port dari program bahasa mesin antara model yang berbeda. Contoh dari penggunaan ini adalah IBM System/360 komputer keluarga dan para penerus mereka. Dengan jalan dataflow lebar dari 8 bit dengan 64 bit dan seterusnya, mereka tetap menyajikan sebuah arsitektur umum pada tingkat bahasa mesin di seluruh baris.
Menggunakan lapisan terfokus untuk menerapkan sebuah emulator memungkinkan komputer untuk menyajikan arsitektur komputer yang sama sekali berbeda. Baris System/360 ini digunakan untuk mengizinkan program port dari mesin IBM sebelumnya untuk keluarga baru komputer, misalnya IBM 1401/1440/1460 emulator pada IBM S/360 model 40.


A. Komponen sistem komputer
1. Unit pemroses (CPU)
Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register. Berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.

Memori, CU, ALU dihubungkan oleh Bus. Bus dibedakan  menjadi 3 fungsi , yaitu :
a. Control BUS
Jalur satu arah dari control unit untuk tujuan timing dan cotrolling
b. Address BUS
Jalur satu arah untuk tujuan untuk menemukan alamat dalam memori yang berisi data dan instruksi
c. Data BUS
Jalur dua arah untuk tujuan melalui mana data mencapai tujuannya

2. Main memory
Main memory  berfungsi menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.
Memori dibagi menjadi 2 :
a. Main Memory
b. Secondary memory

3. Perangkat masukan dan keluaran
Perangkat masukan dan keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
a. Perangkat Masukan
b. Perangkat Keluaran
c. Perangkat Pengendali

4. Interkoneksi antar komponen
Interkoneksi antar komponen struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memori-perangkat masukan dan keluaran.

2. Penyimpanan data
Terdiri atas memori utama dan memori sekunder. Program komputer harus berada di memori utama (biasanya RAM)untuk dapat dijalankan. Memori utama adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor.
3. Register
Merupakan media penyimpanan dengan akses paling cepat.
4. Cache Memory
Ditujukan untuk memberikan kecepatan memori yang mendekati kecepatan memori yang diperoleh, sekaligus memberikan ukuran memori yang besar dengan harga yang lebih murah dari jenis memori-memori semikonduktor.


Gambar 5 Cache memori dan memori utama
5. Random Access Memory
Yaitu memori yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis. Memory ini menyimpan data maupun program bersifat sementara, yaitu data atau program tersebut akan hilang jika computer dimatikan, sehingga RAM akan selalu mengganti isimemorinya dengan data atau instruksi terbaru.
Adapun RAM terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1. SRAM (static RAM)
Yaitu memori yang digunakan secara statis. RAM jenis ini digunakan untuk mempercepat proses yang dilakukan komputer
2.      DRAM (dynamic RAM)
Yaitu memori yang digunakan secara dinamis. RAM jenis ini harus menggunakan catu daya listrik sendiri yang digunakan secara terus menerus
3.      NVRAM
Yaitu memori jenis SRAM, tetapi memiliki catu daya sendiri melalui sebuah baterai, sehingga mampu menyimpan daya meskipun komputer dimatikan. RAM ini berfungsi untuk menyimpan jam, tanggal, dan konfigurasi memori
4.      FRAM
Yaitu RAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai karena menggunakan medan magnet
6. Memory Ekstensi
7. Direct Memory Access
Adalah suatu metode penanganan I/O dimana device controller langsung berhubungan dengan memori utama tanpa intervensi CPU. Setelah men-set buffer, pointer, dan counter untuk perangkat I/O, device controller menstransfer blok data langsung ke penyimpanan tanpa intervensi CPU. DMA digunakan untuk perangkat I/O berkecepatan tinggi yang mampu mengirim informasi yang mendekati kecepatan memori. Keuntungan menggunakan metode DMA dapat dilihat pada operasi multitasking seperti UNIX, karena transfer data dengan mode DMA akan menghemat sumber daya CPU sehingga CPU dapat melakukan pekerjaan yang lain. Sedangkan pada DOS (operasi single-tasking) harus menunggu sampai proses selesai terlebih dahulu baru kemudian bisa menjalankan proses berikutnya. Ada sua jenis DMA yaitu, Third-party DMA (yang menggunakan DMA controller yang ada pada motherboard untuk mengerjakan proses) dan First-party DMA (disebut juga Busmastering DMA, di mana proses dikerjakan oleh bagian logic di interface card.
B. Peralatan sistem komputer
  1. Peralatan  Input
a. Keyboard
Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci
b. Mouse
Alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerakkan objek gambar ke suatu tujuan di dalam layar monitor
c. Joystick
Alat yang digunakan untuk memindahkan objek gambar di dalam layar monitor
d. Scanner
Alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data (huruf/angka) dan gambar pada selembar kertas atau objek yang lain kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor
e. Lightpen
Alat yang menyerupai pena dan dapat memancarkan sinar untuk dituliskan langsung pada layar monitor atu pada bidang data yang khusus dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan pena khusus
f. Trackball
Alat yang digunakan untuk memindahkan kursor dengan cara menggerakkan bola
g. Touch Sreen
Alat untuk memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh permukaan layar monitor
h.      Magnetic Ink Character Reader (MICR)
Alat untuk mendeteksi tulisan pada kertas yang ditulis menggunakan tinta magnet
i.        Optical Character Reader (OCR)
Alat yang digunakan untuk menginterpretasikan dokumen sumber baik dengan printer maupun dengan pensil yang mempunyai sifat khusus
j.        Optical Mark Recognition (OMR) Reader
Alat yang digunakan untuk penilaian hasil test

Macam-macam output device (alat keluaran) komputer, yaitu :

Monitor
Monitor adalah alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.

Infocus
Infocus merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

Printer

Printer adalah alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
jenis-jenis printer :
  • Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
  • InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
  • Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal
  • Plotter
Plotter merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
  • Speaker
Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.

Jenis-jenis Program Aplikasi Komputer

Program aplikasi komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik.

Dewasa ini ada banyak sekali program aplikasi komputer. Secara garis besar, jenis aplikasi komputer berdasarkan kegunaan dan contohnya adalah sebagai berikut:
  • Aplikasi Perkantoran atau Office: untuk menunjang tugas administratif perkantoran. Di antaranya Microsoft Office dan OpenOffice.
  • Aplikasi Grafis: untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Di antaranya adalah aplikasi CorelDraw, GIMP, dan Photoshop.
  • Aplikasi Multimedia: untuk memutar file multimedia. Misalnya aplikasi WinAmp, Windows Media Player, dan QuickTime.
  • Aplikasi Internet: untuk mengakses beragam layanan internet. Di antaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera yang semuanya berfungsi untuk menjelajah internet atau browsing. Selain itu ada beberapa software khusus,misalnya mIRC dan Yahoo! Messenger untuk chatting, FileZilla untuk transfer file, dan Outlook untuk mengelola email.
  • Aplikasi Game: aneka aplikasi permainan.

Ikon Berbagai Program Aplikasi Komputer
Aplikasi Office sendiri biasanya berupa beberapa aplikasi yang dikemas menjadi satu paket. Aplikasi-aplikasi yang dikemas di dalam paket aplikasi Office dan contoh programnya antara lain :
  • Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
  • Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
  • Aplikasi Pengolah Basis Data, contohnya Microsoft Access.
  • Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.
Macam-macam jaringan komputer 
jika dilihat dari fungsinya dapat dibagi menjadi dua:

1. Jaringan Peer-to-peer
Tipe jaringan ini, masing-masing komputer terhubung langsung dengan lainnya menggunakan satu line. Penggunaannya tanpa alat komunikasi tambahan atau juga server. Jaringan ini hanya bisa menghubungkan dua unit komputer. Jenis inin pertama kali dipopulerkan para aplikasi file sharing seperti KaZaA atau Napster.
Ide konsep ini lahir sekitar akhir 1980-an ketika komputer menjadi salah satu inventaris wajib setiap perusahaan kecil atapun perusahaan besar. Keuntungan dari jaringan peer-to-peer ini adalah dalam sistem pencarian dan pemindahan data yang cepat. Prosesnya menjadi lebih cepat dibandingkan harus memindahan data ke flashdisk lalu menyimpannya ke komputer yang lainnya.

2. Jaringan Client Server
Pada jaringan ini dibutuhkan satu unit komputer yang nantinya akan dijadikan sebagai alat komunkasi atau server. Gunanya yaitu untuk menghubungkan antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Sehingga, komputer yang bisa dihubungkan lebih dari satu unit dengan lebih line.
Kelebihan pada jaringan ini yaitu semua data bisa dijadikan satu yang disimpan di satu tempat (server). Sehingga, penempatan dan pengolahan data menjadi lebih tertata. Tetapi ini teryata bisa menjadi sebuah kelemahan juga karena jika server tersebut mengalami gangguan dengan jaringannya, semua komputer tidak bisa mengakses data.
Itulah macam-macam jaringan komputer berdasarkan fungsinya yang ternyata memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.

Topologi Jaringan Komputer

Secara Topologi macam-macam jaringan komputer bisa dibagi menjadi empat jenis:

1. Topologi Bus
Masing-masing komputer saling terhubung dengan jalur jaringan satu jalur data utama atau back bone dengan menggunakan kabel. Lebih umumnya jaringan ini terhubung secara paralel. Jaringan ini sering dipakai pada jaringan dengan basis fiber optic.
Instalasi jaringan ini sangat sederhana, optimal, murah, dan cukup optimal. Maksimal komputer yag berada dalam jaringan ini antara 5 sampai 7 unit saja. Kesulitan yang kerap kali terjadi yaitu adanya tabrakan data karena mekanisme topologi bus ini yang sangat sederhana. Kekurangannya adalah jika terjadi gangguan di sepanjang kabel server, semua jaringan akan ikut terganggu.


2. Topologi Ring
Pada jaringan ini menggunakan prinsip lingkaran, dalam artian secara teknis masing-masing komputer saling menyambung dengan dua komputer. Begitu halnya dengan yang lainnya hingga tidak ada komputer yang menjadi ujung atau terputus. Lebih umumnya jaringan ini terhubung secara seri.
Kelemahan tipe jaringan ini yaitu jika ada salah satu komputer yang mengalami masalah dengan sistem jaringannya, keseluruhan jaringan komputer lainnyapun akan ikut terganggu. Tetapi dengan adanya jaringan FFDI ini dapat digunakan untuk mengantisipasi kekurangan ini. Dengan pemindahan data searah jarum jam atau pun berlawanan jarum jam secara bersamaan.
Keunggulan jaringan ini adalah memiliki kecepatan yang maksimal dibandingkan dengan jaringan jenis lainya. Jaringan ini menggunakan fitur yang mengharuskan mampu real time seperti video dan audio. Kelemahan jaringan ini yaitu adanya kesulitan dalam mendeteksi kerusakan. Terutama jika terjadi kerusakan, bisa menjadi penyebab terjadinya collision atau istilah dari penggabungan dua kelompok data.

3. Topologi Mesh
Sama halnya dengan jenis jaringan peer to peer, tetapi menggunakan lebih dari dua unit komputer. Itulah sebabnya sistem jaringan model seperti ini tidak efisien karena terlalu banyak komputer di dalamnya. Sementara masing-masing komputer harus dihubungkan secara langsung. Akhirnya membuat sistem yang rumit dalam mengorganisaikan sistem jaringannya. Hal ini disebabkan oleh tiap-tiap dua komputer yang harus memiliki line tersendiri.
Kelebihan jaringan ini terleta pada jaminan data yang dapat langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melewati komputer lainnya Denga begitu, kecepatan pengiriman data yag akan digunakan menjadi lebih optimal. Apabila terjadi gangguan pada salah satu komputer, koneksi yang lainnya tidak akan ikut terganggu.

4. Topologi Star
Tipe jaringan ini bisa dijadikan solusi dari tipe jaringan mesh. Alasannya karena masing-masing komputer hanya menggunakan satu line. Satu line inilah yang nantinya dihubungkan pada satu alat komunikasi. Hubungan inilah yang kita kenal dengan hub atau switch.
Dengan alat ini, penataan sistem jaringan akan menjadi lebih efisien. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tidak mengganggu sistem jaringan dengan komputer lainnya. Kelebihan jaringan ini terhadap lalu lintas data yaitu adanya kestabilan di saat jaringan sibuk.
Itulah macam-macam jaringan jika kita lihat berdasarkan topologinya. Setiap Topologi jaringan dari macam-macam jaringan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Jaringan Komputer Berdasarkan Area


  berdasarkan dari areanya, jaringan dapat dibagi menjadi tiga:

1. Local Area Network (LAN)
Jenis jaringan ini hanya menghubungkan komputer-komputer lokal secara bersamaan untuk saling bertukar data atau informasi. Jaringan ini sering digunakan pada jaringan-jaringan kecil dalam beberapa ruangan atau lembaga yang dihubungkan melalui satu pusat jaringan utama atau disebut dengan gateway.
Kebanyakan LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang menggunakan perangkat switch. Wi-fi atau teknologi 802.11b juga sering dipakai untuk membuat jaringan LAN ini, atau sering disebut hotspot. Jaringan LAN ini memiliki kecepatan pemindahan data yang paling tinggi di antara jenis lainnya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan MAN adalah perkembangan metode jaringan LAN yang lebih besar dengan menggunakan lebih dari satu gateway. Selanjutnya dihubungkan melalui satu server utama. Jenis jaringan ini sering diaplikasikan pada jaringan di wilayah kampus, perkotaan atau perkantoran karena jangkauan jaringan ini sangat luas. Bisa mencakup antara 10 sampai 50 KM. Jaringan tipe ini sering juga disebut sebagai intranet. Beberapa teknologi yang digunakan dalam WAN adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), SMDS dan FDDI.

3. Wide Area Netwok (WAN)
Jaringan ini mempunyai cakupan yang sangat luas karena menggunakan lebih dari satu server utama, yang kemudian masing-masing server tersebut nantinya akan terhubung melalui jaringan tersendiri agar terkoneksi. Jaringan ini mencakup area antar negara atau satu dunia yang sekarang dikenal sebagai Internet.



Diposting oleh style fresh fun di 07.44
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama
Langganan: Posting Komentar (Atom)
@ 2011 anaZone; Many thanks to: Blogger Templates / blog Design Company / SEO / free template Blog